Style & General News

Tuesday, October 16, 2018

Perkembangan Digital Marketing di Indonesia

digital marketing



Digital Marketing - Ada banyak sekali trend perkembangan digital marketing di Indonesia 2018 yang semakin diminati. Terlebih di era digital yang mindset serta kebiasaan dari kehidupan manusia saja sudah terpengaruh, seperti banyaknya warga di negara Indonesia yang sudah melakukan usaha melalui digital market.

Pemsaran Digital merupakan sebuah proses pemasaran baik produk atau jasa ke pasar global. Hal ini pun diyakini adalah terobosan baru untuk dunia marketing yang memiliki potensi lebih besar dibandingkan marketing secara konvensional.

Meskipun saat ini Pemsaran Digital  adalah terobosan terbaru, tetapi marketing konvensional tidak mati dan tenggelam begitu saja. Masih ada strategi dalam marketing konvensional yang masih memberikan hasil efektif, seperti:


Efek Digital Marketing di Indonesia


Kartu Nama

Saat pertemuan tatap muka atau networking Anda jalani, jangan sampai Anda datang dengan tangan kosong. Anda harus menyiapkan kartu nama dan memberikannya kepada lawan temu Anda. Tetapi pastikan kartu nama Anda  mempunyai nilai tambah agar orang tersebut merasa tertarik untuk menyimpannya, seperti mencantumkan diskon atas bisnis online Anda.


Flyers

Strategi ini memang terlihat ketinggalan zaman, tetapi tanpa disadari hingga saat ini strategi tersebut masih efektif untuk menjaring konsumen. Dengan memasang flyer pada tempat yang strategis atau langsung memberikan flyer kepada orang-orang. Sama seperti kartu nama, jadikan flyer yang Anda bagikan memiliki nilai tambah seperti penawaran konsultasi gratis, cek kesehatan gratis, kupon diskon dan lain sebagainya.


Artikel Cetak

Lebih dari strategi marketing, menulis artikel untuk media cetak juga akan meningkatkan kredibilitas. Anda dapat menulis artikel yang berhubungan dengan bisnis yang Anda jalani saat ini, dengan begitu Anda akan dinilai serta dipandang sebagai seorang yang ahli dalam bidang tersebut sehingga konsumen juga akan mempercayai bisnisnya kepada Anda.

Pastikan pada saat membuat artikel, buatlah isi artikel yang menjawab pertanyaan serta memberikan solusi kepada setiap masalah yang mungkin saja sedang dihadapi oleh pengguna atau pembaca.


Meskipun marketing secara konvensional tidak tenggelam dan masih ada manfaat yang dirasakan, tetapi nyatanya digital marketing memberikan manfaat yang berlebih. Apa saja itu?

Jangkauan konsumen tanpa mengenal jarak dan waktu

Strategi SEO yang paling sering digunakan oleh pengguna digital marketing pada mesin pencari, iklan di media online hingga di sosial media yang membuat Anda dapat menjangkau konsumen secara lebih mendunia dan lebih luas. Tidak hanya dalam negeri saja, tetapi sampai ke luar negeri bahkan seluruh dunia.


Kombinasi sumber daya dapat memaksimalkan hasil

Berbicara mengenai konsep dasar dari Pemsaran Digital , bersama digital marketing Anda dapat lebih leluasa dalam memaksimalkan sumber daya yang dapat mendukung segala kegiatan bisnis. Seperti contoh, Anda dapat menggunakan official account pada salah satu media sosial untuk membuat bisnis Anda tampil lebih profesional dan terpercaya.

Waktu pencapaian relatif lebih cepat, mudah dan murah

Kampanye digital yang Anda lakukan akan meningkatkan bisnis Anda serta memberikan hasil yang lebih cepat dibandingkan saat Anda melakukan kampanye marketing secara konvensional. Kampanye digital lebih cepat tertuju kepada para calon konsumen karena jangkauannya yang lebih luas meskipun dilakukan dalam waktu  yang bersamaan.

Setelah mengetahui bahwa manfaat dari digital marketing lebih dibandingkan marketing konvensional. Sekarang saatnya untuk mengetahui trend dunia digital di tahun 2018 yang tentu saja dapat meningkatkan bisnis Anda.


digital marketing agency


Memaksimalkan Sosial Media

Untuk saat ini sosial media sudah menjadi dunia kedua bagi para manusia. Jika pada awalnya sosial media hanya dijadikan sebagai sarana untuk berkomunikasi dan bersosialisasi saja, saat ini berbeda karena sosial media dapat lebih dimaksimalkan yaitu sebagai sarana promosi atau marketing. 

Kini sudah banyak orang yang dapat memenuhi kebutuhannya secara online karena memang dinilai lebih efektif dan relevan. Dengan semakin berkembang dan meningkatnya dunia online, Anda sebagai pengusaha juga dituntut untuk mampu bertahan dalam persaingan.


Memanfaatkan Fitur Stories

Kini berbagai media sosial seperti Instagram dan Facebook sudah menerapkan fitur menarik yaitu fitur stories. Fitur ini dapat dimanfaatkan oleh para user untuk melakukan Pemsaran Digital . Tidak ada salahnya untuk memanfaatkan fitur stories untuk memperkenalkan produk atau jasa Anda, meskipun Anda sudah memiliki tampilan feed yang jauh lebih menarik.


Menggunakan Live Video 

Selain fitur stories, beberapa sosial media juga menyematkan fitur live video yang dapat digunakan untuk menyiarkan secara langsung layaknya Anda siaran di televisi. 

Hal seperti ini dapat Anda manfaatkan, dimana Anda dapat menayangkan proses produksi atau packing sampai ke tahap pemasaran dari produk Anda. Cara ini akan membuat para calon pembeli menjadi tertarik untuk melihat secara live produk atau jasa yang ditawarkan.

Menghubungkan antara kebiasaan di dunia nyata dengan Digital Marketing

Trend dunia digital di tahun 2018 yang terakhir, hubungkan kebiasaan dengan strategi Pemsaran Digital  yang akan Anda jalankan. Seperti pada poin pertama yang kami sebutkan bahwa sosial media merupakan dunia kedua bagi para manusia, itulah yang membuat kehidupan manusia tidak dapat dipisahkan dari sosial media. Oleh sebab itu, jadikan kebiasaan tersebut sebagai celah atau peluang. Amati waktu terbanyak kapan orang menggunakan sosial media lalu Anda dapat langsung menerapkannya pada strategi marketing Anda.


Jadi bagaimana menurut Anda mengenai perkembangan dunia digital di Indonesia saat ini? Apakah Anda sudah merasakan hasil dari Pemsaran Digital  dalam bisnis Anda?

Hubungi kami sekarang juga untuk langsung merasakan manfaat dari strategi digital marketing pada bisnis Anda! BLINQ DIGITAL MEDIA

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts

Pages

Search This Blog